10 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kepala Yang Gatal



10 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kepala Yang Gatal

10 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kepala yang Gatal. Walaupun kulit kepala gatal bukan masalah yang berbahaya tetapi jika sering terjadi, maka Anda harus waspada! Mengatasi kulit kepala yang gatal bukanlah hal yang mudah, biasanya faktor penyebab timbulnya masalah  kulit kepala gatal adalah karena ketombe, serangan kutu atau uban. Namun selain itu, sebaiknya ketahui juga masalah lain penyebab kulit kepala gatal. Ketika rasa gatal di kulit kepala timbul sebaiknya jangan digaruk karena bisa menimbulkan luka dan menyebabkan infeksi. Meskipun rasa gatal membuat Anda tak tahan untuk menggaruk, sebaiknya hindari hal ini.


Mengapa kulit kepala gatal?

1. Alergi
Penyebab kulit kepala gatal adalah berasal dari reaksi alergi dari produk perawatan rambut sehari-hari Anda. Misalnya kebiasaan mengeringkan rambut dengan hairdryer atau alat-alat lain yang memberikan panas pada kulit kepala, atau penggunaan semprotan yang bisa membuat kulit kepala kering.  Hindari penggunaan hair dryer dengan suhu yang paling panas, terutama ketika rambut Anda masih basah, karena dapat membuat kulit kepala Anda rusak.

2. Faktor cuaca
Berada terlalu lama di daerah bersuhu dingin atau terlalu panas dapat menyebabkan kulit kepala gatal. Hal ini disebabkan kurangnya  kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit kepala. Jadi, gunalah produk perawatan rambut yang dapat menjaga kelembaban kulit kepala.


3. Biasanya benjolan atau benjolan pada kulit kepala dapat menyebabkan gatal.

Infeksi kulit (dermatitis)
Masalah dermatitis adalah gatal, peradangan dan nanah yang sering keluar cairan, mengering, dan kerak di atas kulit kepala.

Epidermis atau bisul
Bisul, tampaknya sebiji jerawat kecil tumbuh di bawah lapisan atas kulit kepala. Bisul biasanya mengandung bahan berminyak semi-padat putih. Bisul kecil ini bisa gatal dan kadang-kadang menyakitkan. Mengatasi bisul ini sering dilakukan dengan pembedahan kecil untuk menghilangkan bisul dengan isinya.

Ini adalah salah satu kondisi yang dapat mengakibatkan gatal dan bentol kemerahan. Lebih kurang mirip dengan kista epidermis. Hal ini dapat diidentifikasi pada garis rambut dan infeksi mulai  dari yang  dari ringan sampai parah.

Folikulitis adalah peradangan atau infeksi satu atau lebih folikel rambut. Hal ini disebabkan oleh bakteri, Staphylococcus aureus. Gejala ini dapat dilihat dari segi warna kemerahan, gatal dan biji yang menyakitkan di atas kulit kepala. Jika tidak diobati dalam waktu dekat, daerah yang terkena dapat menyebabkan rambut rontok dan rambut mungkin tidak tumbuh kembali.

Jerawat
Seperti bagian tubuh, kulit kepala juga dapat memiliki jerawat. Kadang-kadang, folikel rambut tersumbat dengan minyak alami, debris sel, kotoran adalah tempat yang cocok untuk pertumbuhan mikroba, yang akhirnya menyebabkan jerawat pada kulit kepala dan menyebabkan iritasi.


Kanker
Pertumbuhan kanker dari sel-sel pada kulit kepala dapat menyebabkan pembentukan benjolan kulit dan terasa gatal. Kanker biasanya mempengaruhi bagian kulit kepala yang tidak tertutup oleh rambutnya.

Hives
Hives biasanya terjadi karena alergi. Ia membentuk beberapa benjolan kecil dan mungkin besar atau benjolan merah tunggal. Hal ini akan menyebabkan gatal yang teramat sangat.


Penyebab lain
Penyebab lain yang dapat menimbulkan kulit kepala gatal seperti cacar air dan herpes zoster, kudis atau kurap.



  
10  Cara Mengatasi Masalah Kulit Kepala yang Gatal

1. Minyak Tea Tree
Selain minyak tea tree, shampo bayi juga dapat untuk menyembuhkan gatal di kulit kepala. Campuran setengah gelas sampo bayi dan 10-20 tetes minyak tea tree dapat digunakan setiap hari untuk mencuci rambut. Selain untuk shampo, 2-3 tetes minyak tea tree yang dicampur dengan satu sendok makan minyak sayur adalah kombinasi tepat untuk memijat kulit kepala yang gatal.


2. Garam
Garam juga bisa menghilangkan gatal di kulit kepala. Caranya dengan menaburkan garam di kulit kepala kemudian gosok secara halus, lalu diamkan sebentar. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.


3. Jus lemon
Dua sendok makan jus lemon adalah solusi alami untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. Setelah melakukan pijatan pada kulit kepala, bilas dengan air. Kemudian cuci lagi rambut dengan campuran segelas air dan satu sendok teh jus lemon. Aplikasikan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.


4. Air Dingin
Mencuci kepala dengan air panas akan membuat kulit kepala kering dan kemudian mengelupas dan sebaliknya, mencuci kepala dengan air dingin ini dapat mengembalikan kelembaban pada kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.


5. Cuka Sari Buah Apel
Cara murah dan mudah untuk menyembuhkan gatal di kulit kepala adalah dengan menyemprotkan campuran cuka sari apel dan air. Pijat kulit kepala kemudian bungkus dengan handuk. Biarkan selama 15 menit sebelum membilas rambut sampai bersih.

  
6. Minyak Jojoba
Selain melembabkan, minyak jojoba juga mampu mengurangi sensasi gatal di kulit kepala. Cukup lakukan urutan halus di kulit kepala dengan minyak jojoba seminggu sekali. Rasa gatal akan perlahan berkurang.


7. Lidah Buaya
Lidah buaya adalah resep terbaru yang bisa menyembuhkan gatal di kulit kepala. Ambil bagian dalam lidah buaya yang bentuknya seperti gel dan letakkan pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya sampai bersih.


8. Alpukat dan Pisang
Kulit kepala kering menimbulkan rasa gatal yang tak terhingga. Atasi dengan buah alpukat dan pisang yang dicampur jadi satu. Setelah itu, oleskan pada rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Bukan cuma untuk menyembuhkan gatal, ramuan ini juga membuat rambut semakin halus dan bersinar.


9. Air Putih
Untuk menjaga kesehatan rambut, Anda juga bisa meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Jika rutin meminum air dalam jumlah tersebut dapat menjaga rambut agar terhidrasi sehingga dapat memperbaiki bagian tubuh yang kering serta menghilangkan kulit kering yang gatal.


10. Baking Soda
Campuran baking soda dan air adalah bahan pertama yang bisa diaplikasikan untuk menyembuhkan rasa gatal di kulit kepala. Sebelum menempatkan baking soda, kulit kepala bisa diberi minyak zaitun terlebih dahulu. Biarkan baking soda selama 10-15 menit sebelum akhirnya dibilas.


Demikianlah 10 cara yang mudah dalam mengatasi masalah kulit kepala gatal. (dee)

Sumber : www.wom.my