22 Cara Cepat Sembuh Dari Sakit Flu


Cara Cepat Sembuh Dari Sakit Flu
. Saat musim penghujan seperti saat ini banyak orang yang terkena penyakit batuk, pilek, flu. Kondisi tubuh yang kurang fit ditambah dengan beban aktifitas sehari-hari cukup berat akan menambah buruk sakit kita. Cara terbaik untuk terhindar dari sakit flu atau pilek berkepanjangan  adalah dengan makan yang cukup, istirahat yang cukup dan berolahraga.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi sakit flu  yang berkepanjangan jika sudah terkena ? dan ingin segera sembuh? Berikut ini ada 22 cara agar cepat sembuh dari sakit flu tanpa harus minum obat


1. Makan makanan berfermentasi.

Para ilmuwan mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi probiotik dengan lactobacillus rhamnosus hasil dari fermentasi makanan seperti yogurt, kefir dan kimchi hanya memiliki resiko sebesar 12 % untuk terkena sakit flu atau pilek.







2. Biarkan Jendela Terbuka

Menghabiskan waktu di ruangan yang tertutup dapat meningkatkan resiko Anda terjangkit virus. Biarkanlah jendela ruangan terbuka karena sirkulasi udara yang keluar masuk akan membuat partikel-partikel berbahaya dan virus menjadi selalu bergerak sehingga membuat mereka sulit untuk menempel pada tubuh.





3. Mengkonsumsi Jamur

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam dalam Journal of American College of Nutrition membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi jamur shitake setiap hari selama satu bulan menunjukkan peningkatan jumlah sel T (Limfosit T) cukup tinggi dan menurunnya resiko terkena peradangan. Sel T atau nama lainnya Limfosit T adalah  jenis sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker dan sel-sel yang terinfeksi oleh zat patogen seperti bakteri dan virus.


4. Hindari Penderita Batuk dan Flu

Mungkin sebenarnya Anda akan tidak enak hati  tetapi sebenarnya menghindari orang yang sedang terkena penyakit pilek atau flu sangatlah penting. Orang yang sedang sakit flu ketika ia bersin akan menyebarkan virus dengan radius penyebaran sepanjang kurang lebih 6 meter.

Oleh karena itu, ketika seseorang mulai bersin - bersin maka sebaiknya Anda segera menghindar. Supaya orang tersebut tidak tersinggung, mungkin Anda bisa mengatakan “ Maaf, saya sangat mudah sekali tertular flu”.

Bagaimana jika Anda sendiri yang sakit flu?  Saat bersin, tutuplah hidung Anda dengan siku bagian dalam menekuk, jangan menggunakan telapak tangan karena jika Anda menggunakan telapak tangan berarti Anda membantu menyebarkan virus saat Anda memegang gagang pintu atau barang-barang yang lain.  

5. Stop Menyentuh Mulut Anda

Sadarkah Anda bahwa suatu saat Anda memegang pintu toilet kemudian menyentuh bibir Anda? Tidak menyentuh bagian bibir, hidung atau mata Anda dapat mengurangi resiko Anda terkena penyakit. Bahkan meskipun Anda sudah mencuci tangan, menyentuh bagian-bagian tersebut bukanlah sesuatu yang baik dilakukan.

Bagian mata, hidung dan mulut adalah pintu masuk yang mudah bagi kuman untuk masuk kedalam tubuh. Memang mudah untuk diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan karena rata-rata seseorang memegang mulut atau hidungnya lebih dari 3 kali dalam satu jam. Jadi demi kebaikan Anda, hindari untuk memegang mulut atau hidung kecuali Anda baru saja mencuci tangan. Jikapun ingin memegangnya, gunakanlah tissue bersih.

6. Waktu Tidur Yang Cukup

Manfaatkanlah waktu tidur Anda di malam hari dengan sebaik-baiknya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa jika seseorang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam sehari hampir 3 kali lebih rentan terkena penyakit flu daripada orang yang tidur sedikitnya 8 jam sehari.



7. Menekan dada

Ada titik akupresure ditengah dada Anda, pada tingkat rusuk ketiga Anda. Tekan bagian tersebut dengan pelan dan lembut selama 1 menit setiap beberap jam. Kegiatan ini akan merangsang kelenjar timus untuk menghasilan set T (Limfosit Sel). Kelenjar limus adalah organ dalam rongga dada bagian atas yang memproses  sel T (limfosit) yaitu  sejenis sel darah putih yang melawan infeksi dalam tubuh





8. Minum Air Lebih Banyak

Ketika anda terkena flu maka jumlah cairan lendir akan meningkat dan minum air dapat membantu Anda untuk mengurangi peningkatan cairan lendir tersebut. Semakin sedikit cairan lendir yang penuh virus maka akan mudah bagi sistem kekebalan tubuh Anda untuk mengusir virus dari tubuh.

Minumlah minimal 2 liter air dalam satu hari. Jika Anda agak bosan minum air mineral, bisa diselingin dengan jus buah, teh hangat atau kuah panas  seperti sayur sop.


9. Pasang Alat Humidifier (Pelembab Udara)

Saat musim kemarau atau cuaca panas, udara yang kering dalam ruangan akan membuat Anda terkena sakit tenggorokan (saluran pernafasan) atau batuk. Meletakkan sebuah alat humidifier (pelembab udara) akan membantu udara di sekitar ruangan menjadi lembab dan segar.







10. Makan Makanan Pedas

Memang benar, cabai dan rempah-rempah pedas lainnya dapat membantu Anda mengurangi flu. Makanan pedas akan membuat hidung dan mata Anda berair dan ini bisa menjadi bantuan bagi Anda terhindar dari hidung yang tersumbat. 





  
11. Menghirup Minyak Essensial

Teteskan minyak thyme atau minyakl kayu putih kedalam air mendidih kemudian hirup dalam-dalam. Aroma yang Anda hirup seolah-olah membuka jalan bagi udara untuk masuk ke rongga dada. Partikel anti mikroba ayng terdapat dalam minyak essensial ini juga membantu melapisi selaput lendir yang di rongga hidung. Lakukan beberapa kali dalam sehari.





12. Tunda Berolahraga Yang Berat

Bagi Anda yang terbiasa berolaharaga berat , mungkin Anda aka merasa ada sesutau yang kurang jik ahanya melakukan olah raga ringan seperti berjalan atau yoga. Namun, ketika Anda sakit, sebaiknya tunda dahulu kegemaran Anda itu karena saat sakit tubuh memerlukan waktu untuk menghemat energi untuk melawan virus.







13. Berkumur Dengan Air Garam

Garam dapat membunuh zat patogen. Berkumur-kumur dengan larutan air garam (takarannya ½ sendok teh garam dalam secangkr air hangat) akan meringankan peradangan dalam tenggorokan, mengencerkan cairan lendir dan membantu menghilangkan kuman. 

Meskipun Anda tidak sakit tenggorokan, ada baiknya tetap rajin berkumur dengan air garam untuk mencegah gejala flu. Sebuah studi tahu 2005 menemukan bahwa orang yang berkumu r dengan air garam sebanyak 3 kali sehari lebih sedikit resikonya terkena gejala flu.


14. Sup Ayam Panas

Makanan yang satu ini memang banyak khasiatnya. Uap supnya membantu membuka saluran udara di hidung menajdi terbuka dan kaldu ayamnya membantu meredakan sakit pada tenggorokan.






15. Minum Satu Sendok Madu

Madu diyakini sebagai antimikroba alami  dan madu dapat meredakan sakit akibat iritasi dan peradangan pada tenggorokan.







16. Duduk Bersandar

Ketika Anda terkena flu dan posisi tidur/berbaring telentang maka cairan lendir akan mengumpul pada rongga sinus Anda. Hal ini akan menyebabkan infeksi sekunder atau sinusitis kronis. Cobalah berbaring dengan posisi setengah duduk (posisi sudut 45 derajat), posisi ini akan membantu mengalirkan darah dari kepala dan mengurangi peradangan sinus dan hidung.







17. Berdiam Diri Di Rumah

Meskipun ketika sakit tetapi Anda berusaha terlihat kuat dan memaksakan diri  untuk bekerja dikantor, sebenarnya tidak ada satupun orang ingin mendekati Anda karena mereka khawatir tertular oleh Anda. Seorang pekerja yang sakit namun dipaksa bekerja adalah pekerja yang berada pada kondisi kurang produktif.

Stress, apapun penyebabnya dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh sehingga Anda lebih rentan terkena penyakit seperti flu. Ambillah waktu untuk istirahat dan bersantai, cobalah untuk bermeditasi.

BACA JUGA : Cara Mudah dan Efektif Untuk Menghilang Stress

18. Jangan Meminta Obat Antibiotik

Pilek dan flu disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Oleh karena itu, anti biotik hanya bisa membunuh bakteri tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit flu. Jadi, Anda tak perlu meminta kepada dokter untuk diberikan anti biotik. Apalagi anti biotik tidak bebas efek samping. Antibiotik juga bisa membunuh bakteri-bakteri baik dalam tubuh Anda, seperti bakteri yang membantu untuk mencerna makanan Anda, mencegah infeksi jamur pada vagina dan melakukan hal-hal penting lainnya.   





19. Menjaga Kebersihan

Anda tidak perlu menjadi seorang germaphobia yaitu seseorang yang memiliki phobia dengan kuman, selalu mengelap benda-benda apapun sebelum menyentuhnya atau bahkan tidak mau bersentuhan dengan orang lain. Tetapi cukuplah menjadi seseorang yang sellau menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan. Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun secara teratur selama 15 sampai 20 detik. Dengan mencuci tangan, Anda sudah mengurangi penyebaran penyakit.  

20. Hindari Keramaian

Saat Anda sedang sakit sebaiknya berdiam diri di rumah karena ketika Anda berada diluar rumah dan berada di tempat keramaian maka sakit Anda berpotensi lebih parah. Virus menyukai kerumunan orahng banyak, semakin banyak orang di sekitar Anda makan semakin besar kemungkinan Anda terjangkit virus dari orang lain. Jika Anda memerlukan sesuatu sebaiknya lakuakn dengan berbelanja online atau menggunakan layanan delivery service.






21. Jangan Saling Mencicipi Makanan/Minuman

Saat Anda sakit, hindari untuk saling mencicipi makanan / minuman kepada sesama teman. Saling mencicipi makanan dan minuman dapat menjadi media untuk menularkan virus. Bisa jadi Anda menularkan virus kepada orang lain atau sebaliknya yang menyebabkan sakit Anda menjadi berkepanjangan


22. Tetap Makan Walau Sakit
Wajar bagi orang sedang sakit kalau nafsu makannya menurun tetapi penelitian dalam laporan Journal of Nutrition 2008  menunjukkan sebenarnya sangat tidak baik jika sedang sakit kita tidak mau makan. Orang yang tidak mau makan saat sedang sakit akan lebih lama sembuhnya. Makan adalah obat tradisional yang paling manjur ketika Anda sedang sakit.